Profil Sekolah Yaa Bunayya Hidayatullah

KB-TK Yaa Bunayya merupakan sekolah Integral yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah.

A. VISI, MISI & FILOSOFI KB-TK YAA BUNAYYA 

VISI : 
Excellent with Integral Character demi melahirkan generasi yang amanah, cerdas, kreatif, mandiri dan berakhlak mulia.

MISI :
1. Menyelenggarakan pendidikan integral 
2. Berdakwah melalui pendidikan
3. Mengutamakan kasih sayang dan keteladanan dalam setiap proses pendidikan
4. Menciptakan lingkungan kehidupan yang Islami, Ilmiah dan Alamiah.
5.Meningkatkan kualitas peserta didik, dewan pendidik dan tenaga kependidikan KB-TK Yaa Bunayya

FILOSOFI :
Sistem pendidikan yang tepat pada anak usia pra-sekolah akan sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak hingga dewasa. Anak adalah individu yang unik, setiap anak memiliki kebutuhan akan minat, tahap perkembangan dan gaya belajar yang berbeda-beda.

Anak-anak berhak untuk mengembangkan potensinya tanpa membedakan jenis kelamin, kondisi fisik, latar belakang budaya dan sebagainya. Namun nilai-nilai yang lebih penting bagi perkembangan anak diantaranya : kemampuan spiritual, rasa cinta, kasih sayang, sopan santun dan kesetaraan sesama hamba Allah.
Profil Sekolah Islam Yaa Bunayya
Profil Yaa Bunayya

B. KURIKULUM KB-TK YAA BUNAYYA

KB-TK Yaa Bunayya menyelenggarakan pendidikan berdasar pada kurikulum Integral berbasis Tauhid. Artinya mengintegrasikan komponen Qalbu (ruhani), fikriah (akal) dan jismiah (fisik) dalam setiap materi pembelajaran.

C. METODE PEMBELAJARAN

Metode Pembelajaran yang digunakan KB-TK Yaa Bunayya adalah Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan dengan mengembangkan gaya belajar dan kecerdasan majemuk. Anak mendapat pengalaman baik secara mandiri maupun berkelompok, di luar atau di dalam ruangan, tenang juga aktif sehingga anak akan berkembang secara utuh.

Model pembelajaran adalah model Sentra (Moving Class). Ada 7 sentra yang dikembangkan KB-TK Yaa Bunayya, yaitu : Sentra Balok, Sentra Persiapan, Sentra Imtaq, Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran Makro, Sentra Main Peran Mikro dan Sentra Seni. Setiap materi yang diberikan disentra sesuai tema, sedangkan untuk pembiasaan hidup Islami diajarkan suri tauladan dengan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasinya.

D. TARGET OUT PUT SISWA KB-TK YAA BUNAYYA

1. Beraqidah Kuat
2. Berakhlak Mulia
3. Berwawasan Ilmu
4. Sehat Fisik dan Terampil
5. Cerdas Emosi
6. Kebiasaan yang Baik
7. Memiliki Kepedulian Tinggi

E. PROGRAM PENUNJANG

Sebagai penunjang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan demi lebih membuka wawasan anak agar lebih luas, KB-TK Yaa Bunayya juga menyelenggarakan :
Belajar membaca Al Qur’an secara klasikal dan individual, menghafal surat-surat pendek, menghafal hadist dan menghafal do’a sehari-hari

Rihlah / tadzabur alam : Kegiatan yang mengajak anak berkunjung keberapa tempat yang dapat dijadikan sumber belajar. Dengan rihlah diharapkan anak dapat beriqro (membaca) secara langsung fenomena kehidupan yang ada.

Perpustakaan : Kunjungan ke Perpustakaan diharapkan mampu menstimulus minat baca dalam diri anak

Pengenalan Profesi : Mengenalkan orang yang memiliki keterampilan dan keahlian yang dapat dijadikan sumber belajar.

Praktek wudhu dan shalat : Mengenalkan dan mempraktekan secara rutin cara-cara Wudhu dan Shalat yang sesuai dengan tuntunan Rosulullah Saw.

Ekstra Kurikuler : Seni lukis, seni tari, seni suara, gerak dan lagu dan olahraga.

Peringatan Hari Besar Islam : Mengenalkan hari-hari besar umat Islam sehingga anak mengetahui dan mampu mengambil hikmahnya.
loading...