loading...

Profil Pondok Pesantren Khusus Putri (HBS) Hidayatullah Batam

Perkembangan pesat Hidayatullah Batam menjadi perhatian banyak kalangan tidak hanya dari internal tetapi juga pihak luar. Setelah berdirinya kampus pertamanya di kelurahan Kibing kecamatan Batu Aji, Kota Batam, pertengahan 2012 secara resmi Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Batam menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan dakwah di kampus kedua yang terletak di kelurahan Tanjung Uncang-Batu Aji, Kota Batam - Kepulauan Riau.

Kampus II di kawasan Tanjung Uncang ini merupakan lahan pemberian dari Badan Pengusaha Batam yang luasnya mencapai 25.000m2 atau setara 2,5 hektar. Di lokasi inilah yang sekarang menjadi ikon sekolah Islam unggulan yang memadukan konsep Ponpes dengan kurikulum Pendidikan Nasional. Didukung oleh kawasan yang asri dan posisi yang strategis di antara hiruk-pikuk perindustrian kota Batam, metode pendidikan boarding school menjadi sangat match diselenggarakan.
Lihat juga Profil Sekolah KB & TK Yaa Bunayya Hidayatullah.

Profil Hidayatullah Boarding School Batam (HBS), profil sebuah Pondok Pesantren yang menggunakan metode Boarding School Modern untuk lembaga pendidikannya.


Selain adanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) khusus putri “Hidayatullah Boarding School” (HBS), di kampus II Hidayatullah Batam ini juga telah terselenggara pendidikan usia dini, yakni TK Yaa Bunayya 03 Batam. Ada juga SD Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam yang tahun keduanya pada 2013, muridnya telah mencapai lebih dari seratus siswa. Parade dakwah di tempat ini pun semakin semarak seiring bertambahnya utusan-utusan dari daerah yang mengirimkan mahasiswa-mahasiswinya untuk berkuliah di STKIP Hidayatullah Batam.

Profil Pondok Pesantren Khusus Putri (HBS) Hidayatullah Batam
Kampus Putri HBS Hidayatullah Batam

Dari segi infrastruktur, kampus II Tanjung Uncang telah memiliki dua gedung asrama putri yang satu dua lantai dan satunya lagi satu lantai, satu unit gedung untuk Taman Kanak-kanak, sebuah bangunan sekolah dua lantai, lima unit rumah guru / pengasuh, serta guest house. Pembangunan kampus II Tanjung Uncang ini begitu pesat karena besarnya support dari banyak pihak diantaranya pemerintah propinsi Kepulauan Riau dan bank BNI Syariah.

Dan, pembangunan Hidayatullah Batam tidak terhenti sampai di sini. Menanamkan nilai-nilai ke-Islam-an tidak cukup hanya dengan memberi Informasi saja, harus ada praktek langsung dan keteladanan dari tokoh panutan, serta dukungan sarana dan suasana lingkungan sekitar yang memadai. Karena tatanan kehidupan yang Islami merupakan piranti penting dalam membangun peradaban Madani. Selengkapnya baca Cara Pendidikan Islam Membangun Peradaban.
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+