loading...

Inilah Keutamaan Ibadah Puasa, Ayo Tetap Semangat

Apa Keutamaan Puasa? Inilah pertanyaan yang akan timbul dalam diri mereka yang merasa kesulitan untuk menunaikan ibadah puasa, terutama puasa di bulan Ramadhan. Mereka akan beralasan mulai dari tubuh tidak kuat, badan menjadi kurus, tidak semangat kerja, kondisi fisik lemah dan lain sebagainya. Baca Daftar Orang yang Boleh Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Wajar semua itu terjadi karena puasa yang dipahami hanya sebatas ritualitas semata. Sedangkan puasa itu adalah bagian dari menempa diri untuk menjadi pribadi yang tangguh dan berserah diri. Lihat Panduan Ibadah Puasa Bagi Ibu / Wanita Hamil dan Menyusui.

Cerita Hebatnya Orang yang Berpuasa
Tradisi dan sikap Rasulullah SAW yang telah dicatat oleh sejarah salah satunya adalah Beliau sering berperang dalam kondisi berpuasa. Apakah kuat mengangkat senjata? Silakan anda baca Siroh Nabi maka ada banyak ulasan yang menjelaskan mengapa Beliau sanggup melakukannya. Tentu salah satu yang saya pahami adalah kesadaran akan Keutamaan Dari Ibadah Puasa itu sendiri.

Nah, berikut adalah beberapa keutamaan ibadah puasa yang sering dilakukan Rasulullah Ibadah yang disitimewakan karena hanya pelaku dan Allah yang mengetahui kualitas dari ibadah puasanya.

Daftar Keutamaan Ibadah Puasa

  • Dapat menjauhkan diri dari siksa neraka karena berpuasa dapat mengendalikan  hawa nafsu seseorang sehingga tidak berbuat dosa dan maksiat.
  • Pintu masuk syurga sebagaimana janji Allah bahwa salah satu pintu syurga adalah Ar Rayyan yang hanya boleh dilalui oleh mereka yang gemar berpuasa.
  • Mampu memberi syafaat pada hari kiamat sebagaimana hadis Rasulullah SAW, yang artinya; “Pada hari kiamat nanti, puasa dan al-Qur'an akan memberikan syafaat kepada hamba.” (HR. Ahmad).
  • Alat Pembersih Badan karena puasa membuat seseorang sabar dan sabar itu menghindarkan seseorang dari perbuatan tercela.
Demikian postingan mengenai Keutamaan Ibadah Puasa, semoga bermanfaat!
Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan
Ramadhan Mubarak
loading...