loading...

Inilah Peran Aktif Pondok Pesantren (Ponpes) Membangun Desa yang Diharapkan Menteri DPDTT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengajak lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren mampu berperan aktif dalam membangun desa. Menurutnya, pondok pesantren punya peran strategis sebagai lokomotif perubahan di desa agar menuju kondisi yang lebih baik. Lihat Profil Pondok Pesantren (Ponpes) Khusus Putri Hidayatullah Batam

‎"Keberadaan lembaga pendidikan Islam seperti pesantren di tengah-tengah masyarakat sangat penting, khususnya di pedesaan," ujar Marwan, Minggu (26/7)‎.
Sebelum lanjut, baca juga Begini Cara Pemerintah Dorong Ponpes Menjadi Tempat Revolusi Mental
Marwan mengatakan, lembaga pendidikan Islam menjalankan misi mencerdaskan masyarakat berdasarkan ajaran agama. Selain itu, lembaga pendidikan islam juga mengusung misi  membangun sikap dan perilaku akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Peran Aktif Pondok Pesantren (Ponpes) Membangun Desa

Menurut Marwan juga, peran lembaga pendidikan Islam seperti pesantren sangat dibutuhkan, khususnya dalam ikut mengawasi dan mengawal penggunaan dana desa secara amanah, transparan dan akuntabel.

Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, lembaga pendidikan Islam memiliki  tanggung jawab moral dan sosial yang sangat besar dalam memajukan desa. Terlebih banyak pondok pesantren memang merupakan bagian integral dari desa.

"Para alumninya banyak yang berkiprah di desa sebagai kyai, ustaz, mubalig maupun tokoh masyarakat desa. Selain itu sebagian besar keluarga peserta didik lembaga pendidikan Islam juga banyak yang dari desa dan secara sosial ekonomi relatif masih membutuhkan pemberdayaan," kata Marwan.
Inilah Peran Aktif Pondok Pesantren (Ponpes) Membangun Desa sangat Diharapkan Menteri DPDTT
by jpnn.com
loading...