loading...

Penting Buat Ayah-Bunda, 5 Pendekatan DKS untuk Mendidik Kedisiplinan Anak

Banyak pendekatan yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendidik putra-putrinya, salah satu di antaranya yaitu mendidik anak dengan menggunakan pendekatan Disiplin dengan Kasih Sayang (DKS). Sebelum lanjut, baca juga : Penyebab Siswa Sekolah Dasar (SD) Tewas Menurut Yenny Wahid

Menurut Direktur Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH), Elly Risman, Psi pendekatan DKS memiliki lima keunikan di antaranya dengan cara memikirkan perasaan anak, mengajukan pertanyaan untuk merubah tingkah laku negatif, mengajarkan ketrampilan untuk tidak mengulangi tingkah laku negatif.

“Serta menggunakan kalimat-kalimat singkat (dengan aturan 2 kalimat,red) dan fokus pada hal-hal yang positif,” ujar Elly di hadapan sekitar 250 peserta seminar parenting yang bertema “Disiplin dengan Kasih Sayang” di Resto Wulan Sari Bekasi, Kamis (10/09/2015).

Elly memaparkan manfaat menggunakan 5 langkah pendekatan itu, yaitu memahami cara berfikir anak untuk bisa mendisiplinkannya, beralih dari model hukuman yang menyakiti bisa anak ke model pendisiplinan yang efektif dan tidak merusak harga diri maupun kepercayaan diri anak, serta memahami mengapa ‘Nakal Kronis’ dan upaya menghindarinya.

Selengkapnya :http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2015/09/10/77839/mendisiplinkan-anak-dengan-lima-pendekatan-dks.html
5 Pendekatan DKS untuk Mendidik Kedisiplinan Anak
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+