loading...

Syarat Mengikuti UKG Susulan Resmi Kemendikbud

Informasi penting bagi para guru yang belum mengikuti UKG tahun ini karena pemerintah memberi dispensasi ujian susulan bagi guru yang belum melaksanakan UKG. Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dijadwalkan serempak secara nasional ternyata ada saja guru berhalangan hadir untuk menjalani ujian. Sebelumnya baca Panduan Pelaksana dan Cara Mengoperasikan Aplikasi UKG Online

Persyaratan Bagi Guru Yang Mengikuti UKG Susulan Resmi dari Kemendikbu

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Sumarna Surapranata, menyampaikan, para guru yang berhalangan bisa mengikuti UKG susulan. Namun, hanya guru yang memenuhi persyaratanlah yang dapat mengerjakan ujian di luar jadwal utama. "Bila guru mengikuti studi banding kepala sekolah atau pertukaran kepala sekolah, maka boleh mengikuti UKG susulan," ujar Pranata di Kemdikbud, Jakarta, Senin (9/11/2015).

UKG susulan juga bisa diikuti para guru yang sedang menempuh studi S-2. Mereka yang mengikuti pendidikan dan pelatihan atau simposium juga masuk kategori guru yang boleh mengikuti UKG susulan. "Selain itu,guru-guru berprestasi yang sedang keluar negeri boleh ikut UKG susulan. Misalnya, Aris Munandar yang tahun lalu mendapat nilai 100, dikirim ke Belanda. Dia boleh menyusul," imbuh Pranata.

UKG mengujikan 60 soal atau 120 soal, tergantung mata pelajaran dan program keahlian yang harus diselesaikan guru. Semua harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Ada 200 mata pelajaran yang akan diujikan, sesuai jenis dan jenjang pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik, dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/11/09/65/1246160/kriteria-guru-yang-boleh-ikut-ukg-susulan
Syarat Mengikuti UKG Susulan Resmi Kemendikbud
Info UKG Susulan
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...