loading...

IPAD Menggantikan Buku Pelajaran Butuh Waktu 10 Tahun ke Depan

Ketua Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PGGI) Jimmy Juneanto mengatakan, era digital memang merubah industri grafika. Artinya pemasangan iklan di koran turun, sirkulasi koran turun, sirkulasi majalah turun. "Bahkan majalah yang segmennya khusus seperti majalah fashion, wisata, sirkulasinya juga turun. Artinya semua sudah tergantikan digital," katanya di Jakarta, Selasa, (15/3). Baca juga Rencana Kemendikbud Menerbitkan Regulasi Buku Baru

Namun, ujar Jimmy, ini bukan akhir dari industri grafika, buku yang topiknya menarik masih ada yang membaca. "Sampai sekarang buku pelajaran juga belum tergantikan. Ipad masih belum bisa menggantikan buku pelajaran, butuh waktu sampai 10 tahun ke depan."


Makanya supaya industri grafika tetap hidup, pengusaha di bidang grafika harus bekerja semakin keras. Melakukan berbagai inovasi. "Saat ini pengusaha harus sering mengganti desain packaging. Ini dilakukan agar peniru kedodoran, kita harus bekerja lebih keras lagi menciptakan desain khusus untuk mendorong minat pembeli," ujar Jimmy.

Wakil Direktur Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Misbach Fikrianto mengatakan, kampusnya mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan  SDM yang terampil di industri grafika supaya Indonesia tak kalah bersaing.
Info lainnya : Ini Kronologi Terbakarnya Ruang Tabung Bertekanan Tinggi (Chamber) yang Menewaskan Ketua PGRI Sulistyo
Salah satu upayanya, ujar Misbach, dengan menyelenggarakan  The International Conference NPES-ICC Color Management 2016 dengan tema Making A Future with Color Management. Di sini peserta bisa belajar dan memperdalam soal color management di industri grafika.

Sedangkan mahasiswa Polimedia dipersiapkan SDM-nya agar siap terjun di dunia grafika dengan memberikan berbagai pelatihan, workshop, seminar, magang untuk mengasah kemampuan mereka. Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/03/15/o425y9282-ipad-belum-bisa-gantikan-buku-pelajaran
IPAD Menggantikan Buku Pelajaran Butuh 10 Tahun ke Depan
Ilustrasi Tablet
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+