loading...

Juknis Rasionalisasi Tahap Awal Rasionalisasi PNS Segera Diterbitkan KemenPAN-RB

INFO Persiapan Rasionalisasi PNS terus dievaluasi demi hasil yang maksimal termasuk pembuatan petunjuk teknisnya. KemenPAN-RB juga terus memberi tawaran solusi terkait permasalahan pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS. Baca juga Berikut Dua Tawaran Terbaru MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi Kepada Honorer K2

Petunjuk teknis terkait pemetaan SDM untuk melihat berapa banyak PNS yang dibutuhkan dan tidak, akan segera turun. 

Pemetaan pegawai merupakan langkah awal kebijakan rasionalisasi alias pengurangan jumlah PNS. Kep‎astian tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, di Jakarta, Kamis (17/3).

Menurut Yuddy, rencana rasionalisasi saat ini dalam tahap pengkajian jajaran KemenPAN-RB.‎ Ada tahapannya dan semua itu akan dilakukan dengan pendekatan yang rasional. "Dalam waktu dekat, KemenPAN-RB akan mengeluarkan aturan teknis untuk memetakan SDM di daerah, baik dari sisi jumlah maupun jabatan untuk mengetahui kebutuhan SDM yang diperlukan," ujarnya.

Dengan kebijakan rasionalisasi, pemerintah menargetkan penurunan belanja pegawai secara nasional dari 33,8 persen menjadi 28 persen dari total APBN/APBD selama rentang 2015-2019. "Dengan target menurunkan sekira lima persen belanja pegawai, baik pusat maupun daerah, diproyeksikan jumlah pegawai yang akan dirasionalisasi sekitar satu juta orang sampai tahun 2019," kata Yuddy.

Namun demikian, tambah Yuddy, pengurangan tersebut sebagian dapat dipenuhi melalui skema alami, yakni dengan menunggu pegawai yang pensiun hingga 2019 diperkirakan mencapai 500 ribu pegawai.‎ Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/03/17/364058/Wow!-Juknis-Tahap-Awal-Rasionalisasi-PNS-Segera-Terbit-
Juknis Rasionalisasi Tahap Awal Rasionalisasi PNS Segera Diterbitkan KemenPAN-RB
Yuddy Chrisnandi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+