loading...

MENPAN-RB : Kami Merancang Supaya ASN Ikut Pelatihan Minimal 20 Jam Per Tahun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur kembali menyuarakan perubahan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) terutama PNS. Selama puluhan tahun, sistem rekrutmen PNS tidak objektif sehingga memengaruhi kualitas SDM. Hal ini tidak bisa dibiarkan bila ingin Indonesia maju. "Pengembangan ASN mutlak dilakukan. Kalau ingin negara bagus, tentunya harus punya SDM yang bagus,” ujar Asman, Sabtu (8/4).
Baca juga : Pemerintah Harus Anggarkan Rp. 150 Triliun Lebih Per Tahun Jika Seluruh Honorer Jadi PNS
Mantan wakil wali kota Batam ini menambahkan, setiap ASN harus memiliki keahlian dan keterampilan sesuai bidang atau wilayah kerja yang ditekuninya. Salah satunya dengan mewajibkan ASN mengikuti pelatihan. “Kami sedang merancang supaya ASN ikut pelatihan minimal 20 jam per tahun,” terangnya.

Kunci keberhasilan dalam peningkatan pengembangan ASN adalah dengan meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan yang ada. Asman yakin dengan sistem pendidikan yang baik bisa dicetak aparatur yang lebih profesional. Selain itu pola rekrutmen harus diubah, dari pengangkatan otomatis menjadi seleksi menggunakan computer assisted test (CAT).

Sumber : http://www.jpnn.com/news/menpan-rb-mau-negara-bagus-ubah-rekrutmen-pns
MENPAN-RB : Kami Merancang Supaya ASN Ikut Pelatihan Minimal 20 Jam Per Tahun
MenPAN-RB Asman Abnur
loading...