SIMAK! Ini 3 Sumber Pendapatan yang Dapat Membuat Guru PNS Sejahtera

INFO GURU--Para guru PNS mestinya sudah sejahtera karena memiliki tiga sumber pendapatan. Selain menerima gaji pokok, guru PNS yang telah bersertifikasi pun menerima tunjangan satu kali gaji pokok.

“Kalau misalnya gaji pokok Rp 3 juta, berarti terima Rp 6 juta. Itu dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN),” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara Sigit Muryono.
Baca juga : Ini Tugas Utama Kepala Sekolah Terbaru Menurut Mendikbud
Selain itu, lanjutnya, guru PNS juga menerima tambahan penghasilan pegawai (TPP) dari APBD provinsi yang besarannya disesuaikan dengan golongan.

“Sama dengan pegawai lain. Jadi, guru seharusnya sudah sejahtera. Karena ada tiga sumber pendapatan, dengan catatan lulus sertifikasi. Kalau tidak, hanya dua, gaji pokok dan TPP,” jelasnya.

Karena itu, dengan tiga sumber penghasilan dia berharap tidak ada lagi guru yang mengabaikan tugas. Terutama mereka yang bertugas di daerah-daerah terpencil.

“Makanya kalau ada yang merengek minta pindah tanpa alasan kuat, mohon maaf sementara kita tidak akomodir. Karena kami memang distribusikan supaya guru merata,” tegasnya. (Sumber: jpnn, 10/9)
SIMAK! Ini 3 Sumber Pendapatan yang Dapat Membuat Guru PNS Sejahtera
ILUSTRASI
loading...