Kebijakan Baru Ujian Akhir Siswa SD Diganti USBN Terdiri dari 8 Mata Pelajaran yang Diujikan, Berikut Daftarnya

INFODIKDAS - Perubahan aturan kembali dilakukan di dunia pendidikan, dimana pemerintah merencanakan adanya USBN bukan US seperti tahun sebelumnya untuk jenjang Sekolah Dasar. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh tim BSNP pusat belum lama ini.

Dikutip dari jpnn.com, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan kebijakan baru terkait ujian akhir siswa SD. Selama ini siswa SD mengikuti ujian sekolah (US), mulai tahun depan diganti jadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN).
Baca juga : Presiden Joko Widodo Setuju Kenaikan Dana BOS untuk Guru Honorer, Begini Penjelasannya
Saat ini US di jenjang SD atau MI terdiri dari tiga mata pelajaran. Yakni bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. Sedangkan di era USBN nanti, anak SD mengerjakan delapan mata pelajaran.

Adapun mata pelajaran yang masuk USBN Jenjang SD adalah Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKN, seni budaya dan prakarya (SBDP), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), serta agama.


Khusus untuk siswa yang belajar berbasis Kurikulum 2006, pelajaran seni budaya dan prakarya namanya adalah seni budaya dan keterampilan.

Ketua BSNP Bambang Suryadi membenarkan bahwa US diganti menjadi USBN. Selama ini USBN berlaku di jenjang SMA/SMK dan SMP. "Sekarang (tahun depan, red) di SD," katanya saat dihubungi kemarin (21/12).

Bambang mengatakan dengan status USBN, maka ada 25 persen butir soal ujian titipan dari Balitbang Kemendikbud. Sisanya sebanyak 75 butir soal dibuat oleh guru. Bambang berharap masyarakat tidak khawatir atau takut. Selama proses belajar mengajar berjalan dengan tuntas, siswa pasti siap mengahadapi USBN. (JPG, 22/12)
Kebijakan Baru Ujian Akhir Siswa SD Diganti USBN Terdiri dari 8 Mata Pelajaran yang Diujikan, Berikut Daftarnya
USBN JENJANG SD / MI
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+