Lowongan CPNS Guru Segera Dibuka, Tenaga Honorer Silakan Melamar Tapi Wajib Ikut Tes

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut 100 ribu guru CPNS. Guru-guru honorer termasuk kategori satu (K1) dan kategori dua (K2) boleh ikut melamar.

Namun, menurut Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Hamid Muhammad, tenaga honorer ini harus ikut prosedur sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN).
Baca juga : Kemendikbud Tahun ini Siap rekrut 100 Ribu CPNS Guru, Ini Rinciannya
Di mana salah satunya mewajibkan ikut tes baik administrasi maupun tes kompentensi dasar (TKD). "Ya enggak boleh jadi CPNS kalau enggak pakai tes. Mau K1 atau K2 wajib ikut tes dong," ujar Dirjen Hamid di kantornya, Kamis (8/3).

Dia mengakui, banyak guru honorer K1 maupun K2 yang tidak mau dites lagi. Permintaan ini tidak bisa dikabulkan karena ada aturan yang mengharuskan rekrutmen CPNS harus melalui tes.

"Ya enggak boleh jadi CPNS tanpa tes. Kalau alasannya sudah pernah tes dan gagal, ya ikut lagi tes sampai gol," ucapnya.

Mengenai janji Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengangkat guru honorer menjadi CPNS, menurut Hamid, tetap harus sesuai koridor yaitu UU ASN. Tidak akan mungkin, pemerintah mengangkat guru honorer dengan melabrak aturan yang ada. (jpnn, 8/3)
Lowongan CPNS Guru Segera Dibuka, Tenaga Honorer Silakan Melamar Tapi Wajib Ikut Tes
Ilustrasi
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+