Menteri PAN-RB Berharap Guru PNS Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah Pusat

JAKARTA--KemenPAN-RB dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini tengah melakukan pendataan di daerah mana saja yang mengalami kekurangan maupun kelebihan jumlah guru. Daerah yang jumlah gurunya masih kurang akan diprioritaskan dalam rekrutmen CPNS profesi guru. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur, Jumat (30/3).
Baca juga : Guru Jadi Prioritas Rekrutmen CPNS Tahun ini, Begini Penjelasan Menteri PAN-RB
"Mendikbud menyampaikan 100 ribu, tapi nanti kan saya harus tawarkan lagi ke daerah yang belanja pegawainya tidak lebih dari 50 persen. Kalau kami tambah lagi bebannya, saya khawatir belanja pegawainya tersedot lagi untuk bayar gaji pegawai," jelasnya. Prinsipnya yang namanya guru dan tenaga kesehatan tidak boleh kurang.

Politikus Partai Amanat Nasional ini juga berharap ke depannya bisa ada kebijakan untuk mengangkat guru PNS sebagai pegawai pemerintah pusat. Dalam tata kelola guru selama ini di Indonesia, berlaku otonomi daerah sehingga guru menjadi kewenangan pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota.

"Dengan menjadikan guru sebagai pegawai pusat, Kemendikbud bisa memiliki standar khusus yang bisa diterapkan secara nasional," tuturnya.


Mendikbud Muhadjir Effendy pun setuju dengan wacana tersebut. “Saya sangat setuju. Jadi kami bisa mengatur, melakukan tour of duty atau tour of area untuk guru-guru. Kemudian juga melakukan pembinaan kepada mereka secara langsung. Banyak hal yang bisa diambil manfaatnya kalau guru menjadi aparat pusat,” tuturnya. (jpnn, 30/3)
Menteri PAN-RB Berharap Guru PNS Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah Pusat
Menteri Asman Abnur
loading...
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+