loading...

Ketua Umum PGRI Raih Gelar Guru Besar UNJ, Simak Pesan Beliau

JAKARTA--Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prof Dr Unifah Rosyidi, M.Pd dikukuhan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Ilmu Pendidikan Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam sidang terbuka, di Jakarta, Senin.

Dalam orasi ilmiahnya, Unifah menyoroti permasalahan tata kelola guru yang menjadi masalah lama yang tidak mudah diurai, namun mulai tampak jelas persoalannya ketika program sertifikasi digulirkan pada 2005. Sertifikasi diyakini sebagai strategi ampuh karena melahirkan sistem insentif bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan kinerjanya secara berkelanjutan.
Baca juga : Inilah Kebijakan Mendikbud Paling Aneh Sejak Indonesia Merdeka
"Sistem sertifikasi ini masih menghadapi kendala faktor akademik dan faktor manajemen secara signifikan. Secara akademik, sertifikasi guru sering terkendala proses, prosedur, dan model sertifikasi yang berubah-ubah," katanya.

Unifah juga menyoroti rasio siswa per guru yang mana di negara maju rasionya 1:15, namun rasio Indonesia apabila hanya guru tetap yang dihitung yakni 1:21. Sementara rentangan rasio yang tidak merata di Tanah Air yakni 1:14 hingga 1:35.

"Kekurangan dan penempatan guru yang tidak merata inilah yang menjadi sumber utama permasalahan guru dewasa ini. Pembiaran terhadap kedua masalah ini akan menimbulkan pemborosan yang luar biasa," katanya.

Ia mengusulkan agar mengangkat guru PNS, menyelesaikan honorer, menaikkan rasio siswa dan guru, serta memeratakan penempatan guru adalah isu kebijakan penting untuk peningkatan efesiensi tata kelola guru di Tanah Air. (ant, 24/6)
Ketua Umum PGRI Raih Gelar Guru Besar UNJ, Simak Pesan Beliau
Ketua Umum PGRI
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+