loading...

Alhamdulillah Gaji ke-13 PNS Cair Hari ini, Berikut Rincian Besarannya

Jakarta -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut gaji ke-13 PNS, TNI, Polri, dan pensiunan cair pada hari ini, Selasa (2/6). Kemenkeu sebelumnya telah menganggarkan Rp20 triliun guna pembayaran 'bonus' Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

"Besok (hari ini), gaji ke-13 PNS Kementerian/Lembaga akan dicairkan, termasuk untuk pensiunan," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi seperti dilansir CNN Indonesia (2/7).

Pembayaran gaji ke-13 PNS akan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Jenis komponen yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2018 itu lebih banyak dari 2017 yang hanya terdiri dari gaji pokok.
Baca juga : Begini Perintah Tegas Presiden Jokowi Kepada Mendikbud untuk Revisi Aturan Zonasi Sistem PPDB
Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken aturan pemberian gaji ke-13 terhadap para abdi negara. Dalam beleid berbentuk Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, anggota TNI, Polri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan tersebut, gaji ketiga belas diberikan dengan beberapa ketentuan.

Pertama, gaji ketiga belas bagi PNS, Prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara dan penerima pensiunan atau tunjangan diberikan sebesar penghasilan Juni. 

Kedua, bila penghasilan Juni belum dibayarkan sebesar yang seharusnya diterima karena perubahan, PNS, anggota TNI dan Polri akan tetap diberikan selisih kekurangan gaji mereka. 

Sementara itu, untuk PNS, anggota TNI, Polri dan pejabat negara, gaji ketiga belas diberikan dengan komponen paling sedikit, gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum dan paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. 

Untuk pensiunan, gaji ketiga belas terdiri dari pensiunan pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan tambahan penghasilan. (cn)


Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+