loading...

Berkas Kelengkapan Dokumen Calon Pelamar CPNS Menurut Humas BKN

Jakarta - Pemerintah kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Jadwal seleksi bakal dimulai pada Oktober mendatang. Walaupun masih 3 bulan lagi, ada baiknya calon pelamar mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, hal yang sebaiknya mulai disiapkan adalah kelengkapan dokumen calon pelamar, mulai dari akta kelahiran, KTP, ijazah, kartu keluarga (KK), termasuk foto ukuran 4x6. "Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan dilansir detikcom, (4/7).
Baca juga : Ini Bocoran Soal Materi Tes Seleksi CPNS Menurut Humas BKN
Kenapa harus di-scan agar bisa disimpan secara digital. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah menyiapkan dokumen saat diperlukan. Sebab jika disimpan di flashdisk misalnya, itu rawan hilang dan sulit ditemukan karena ukurannya yang kecil.

Dia menjelaskan, banyak peserta CPNS yang kelabakan saat melakukan pendaftaran karena tidak menyiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari. Banyak pelamar yang baru men-scan dokumen di hari yang sama saat itu dibutuhkan. Tentu saja itu bisa membuat berantakan.

"Jadi ada beberapa kasus yang di depan kepala saya sendiri itu yang diminta foto yang diupload atau yang diunggah ijazah, minta ijazah yang diunggah kartu keluarga. banyak yang gitu-gitu. Karena itu dari awal di-scan saja semuanya," ujarnya.

Terakhir, jangan lupa melegalisir dokumen yang disyaratkan untuk itu, misalnya fotokopi ijazah dan transkrip nilai. (dtk, 4/7)
Berkas Kelengkapan Dokumen Calon Pelamar CPNS Menurut Humas BKN
Lowongan CPNS
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+