loading...

DISIMAK! Kepala Humas BKN Ungkap Soal Tes CPNS yang Sering Gagalkan Peserta Seleksi

Jakarta - Pemerintah kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Jadwal seleksi bakal dimulai pada Oktober mendatang. Walaupun masih 3 bulan lagi, ada baiknya calon pelamar mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Nah, dari banyaknya tes yang diujikan dalam seleksi CPNS, ada soal-soal yang dianggap sebagai momok lantaran banyak yang gagal. Tes tersebut adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Yang jadi momok 2 tahun terakhir ini adalah TKP, Tes Karakteristik Pribadi. Terlihat sulit karena rata-rata passing grade-nya nggak sampai di situ," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan seperti dilansir detikcom, Kamis (4/7/2019).
Baca juga : Siapkan Berkas Kelengkapan Dokumen Persyaratan Daftar CPNS Sejak Dini, Ini Diantaranya
Banyaknya peserta yang gagal tes tersebut karena terjebak pada soal-soal yang diujikan. Dia mencontohkan, ada pertanyaan dengan pilihan jawaban, A. mengerjakan tugas dan fungsi dengan baik, B. membantu tetangga yang sedang kesusahan, C. membantu persiapan Maulid Nabi di kampung.

Dia menjelaskan, untuk menjawab pertanyaan tersebut calon pelamar sudah harus memposisikan diri sebagai PNS. Dengan begitu mereka bisa menjawab dengan bijak sesuai tugas dan fungsinya (tusi). "Yang mana pilihannya? yang A, karena mindset-nya sudah PNS," jelasnya.

Ridwan menerangkan, masing-masing jawaban memang sama baiknya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah sebagian PNS harus tahu mana hal yang harus diprioritaskan. Itu lah kuncinya untuk menjawab soal TKP dengan tepat. (dtk, 4/7)
DISIMAK! Kepala Humas BKN Ungkap Soal-soal Tes CPNS yang Sering Gagalkan Peserta Seleksi
Ilustrasi Tes CPNS
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+