loading...

Menteri Keuangan Rombak Skema Penyaluran Dana BOS, Begini Tahapannya

Jakarta - Kementerian Keuangan merombak skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2020. Anggaran BOS ditetapkan sebesar Rp 54,32 triliun atau naik 6,35% dibandingkan tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perombakan skema penyaluran terjadi pada alokasi dana BOS reguler. Adapun, jenis dana BOS terbagi menjadi tiga yakni reguler, kinerja, dan afirmasi.

"Untuk siang hari ini kita fokus ke BOS reguler. BOS kinerja untuk sekolah berkinerja baik, ini tetap tidak diubah dan BOS afirmasi untuk dukung daerah tertinggal, transmigrasi, terluar tetap akan dilakukan dengan mekanisme yang selama ini berjalan. Jadi perubahan mekanisme hanya untuk BOS reguler," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).
Baca juga : PPPK dari Tenaga Honorer K2 Bakal Dapat Gaji ke-13 dan 14 Seperti Halnya PNS
Perubahan skema berlaku untuk seluruh sekolah di Indonesia, terutama kepada sekolah negeri dan beberapa swasta yang menerima. Perubahan yang terjadi adalah pada besaran unit cost, di mana untuk Sekolah Dasar (SD) menjadi Rp 900 ribu per anak dari yang sebelumnya Rp 800 ribu.

Lalu, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi Rp 1,1 juta per anak dari yang sebelumnya Rp 1 juta. Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi Rp 1,5 juta per anak dari yang sebelumnya Rp 1,4 juta, dan untuk SMK tetap sama yaitu Rp 2 juta per anak.

Mengenai skema penyalurannya, perubahannya yaitu hanya menjadi tiga tahap dari sebelumnya empat tahap. Pada skema baru ini besaran tahap I adalah 30%, tahap II 40%, dan tahap III sebesar 30%.

Adapun, pencairan tahap I paling cepat pada bulan Januari, tahap II paling cepat bulan April, dan tahap III bulan September. "Dengan tiga kali berarti akan jauh lebih sederhana dan ini syarat-syarat pencairannya mengikuti Kemendikbud. Untuk BOS lainnya kinerja dan afirmasi, kita berikan sekaligus paling cepat April 100%," jelas dia. (dtk, 10/2)
Menteri Keuangan Rombak Skema Penyaluran Dana BOS, Begini Tahapannya
Menkeu Sri Mulyani
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...