loading...

BNN Siap Tes Urine Calon Siswa SMA untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

Langkah antisipasi pemerintah terhadap maraknya peredaran narkoba di lingkungan pelajar terus ditingkatkan. BNN sebagai lembaga yang membidangi kasus narkoba siap terjun ke sekolah-sekolah khususnya jenjang SMA untuk mengantisipasi peredaran narkoba di sekolah. Salah satunya dengan mengadakan tes urine bagi seluruh siswa yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA. Baca juga Ini Penyebab Mutu Pendidikan Indonesia Jeblok di Rangking Bawah.

Badan Narkotika Nasional (BNN) siap dilibatkan jika diperkukan dalam proses tes urine bagi calon siswa Sekolah Menengah Atas.


Juru bicara BNN Kombes Slamet Pribadi mengatakan, upaya itu merupakan langkah deteksi dini mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. "Kami setuju dan siap bila diperlukan. Ini sebagai bentuk deteksi dini bagi para pengguna narkoba usia muda," kata Slamet saat dihubungi wartawan, Kamis (5/5).

Menurut Slamet, tes urine untuk calon siswa SMA memang ideal dilakukan. Sebab, kata dia, pengguna narkoba itu kebanyakan berusia 10 hingga 59 tahun. Slamet menambahkan pula, tes urin bagi calon siswa SMA itu sudah pernah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan, kata dia, sudah pernah dilakukan sejak setahun yang lalu.

Namun, kata Slamet, dalam setiap proses tes urin itu BNN tidak selalu dilibatkan. Sebab, tidak semua di wilayah ada perwakilan BNN. "Jadi didampingi dokter dari puskesmas. Karena puskesmas ada di semua kecamatan," ujar anak buah Kepala BNN Komjen Budi Waseso itu. Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/05/05/401117/BNN-Dukung-Tes-Urine-Bagi-Calon-Siswa-SMA-
BNN Siap Tes Urine Calon Siswa SMA untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar
BNN Siap Tes Urine Pelajar SMA
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+
close
loading...